Kegiatan pelaksanaan tugas mandiri ini sangat bermanfaat peserta Diklat
Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik PAUD dalam pendalaman pengetahuan tentang
pengasuhan dan pembuatan kelengkapan administrasi pembelajaran. Dengan adanya
tugas mandiri ini, peserta diklat menjadi lebih tertib dan bertanggung jawab
dalam ketertiban pendokumentasian kegiatan
BAB I
PENDAHULUAN
Usia dini merupakan
masa peka dalam perkembangan aspek berpikir logis anak. Anak mulai sensitif
untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya. Masa peka adalah
masa dimana terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap
merespon stimulasi lingkungan dan mengasimiliasikan atau menginternalisasikan
ke dalam pribadinya. Faktor genetic (nature)
dan faktor lingkungan (nurture) mempunyai pengaruh yang cukup besar erhadap
pembentukan dan kemampuan otak. Stimulasi lingkungan dengan menyediakan
lingkungan yang sehat dan sesuai dengan tahap perkembangan anak pada awal masa
pertumbuhan anak sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak selanjutnya.
Undang-Undang Dasar
1945 mengamanatkan agar pemerintah mengusahakan dan menyelenggatakan sistem
pendidikan Nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang
Maha Esa serta akhlak mulia serta dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa
yang diatur dengan Undang-undang. Salah satunya adalah dalam Undang-undang
Republik Indonesia no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada
pasal 1 ayat (14) menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada
anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian
rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan baik jasmani
maupun rohani anak agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih
lanjut.
Selain itu pemerintah
mengeluarkan Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
pasal 28 ayat (4) yaitu pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui
jalur non formal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA)
atau bentuk lain yang sederajat. Hal ini bertujuan untuk membantu meletakkan
dasar ke arah perkembangan sikap, perilaku, perasaan, kecerdasan, sosial dan
fisik yang diperlukan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk
pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.
Undang-undang RI
Nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1, ayat (3)
menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan upaya pendidikan yang
ditujukan kepada anak sejak ia lahir sampai dengan usia enam tahun yang
dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani anak, agar anak memiliki kesiapan dalam
memasuki pendidikan lebih lanjut. Selanjutnya dalam pasal 28 dinyatakan bahwa
pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan
formal, non formal dan informal. Kelompok bermain merupakan pendidikan anak
usia dini pada jalur non formal. Berdasarkan
landasan yuridis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa untuk memberikan
rangsangan yang optimal kepada anak usia dini diperlukan upaya strategis agar
penyelengaraan PAUD dapat berkualitas.
Pengasuh memiliki peranan yang sangat penting dalam
menyukseskan kebehasilan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Seperti tertuang dalam Permendiknas No. 58 tahun
2009tentang
Standar Pendidikan Anak Usia Dini
terdapat beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pengasuh, yaitu:
1.
Memahami
dasar-dasar pengasuhan, dengan indikator:
a. Memahami peran pengasuhan terhadap pertumbuhan dan
perkembangan anak
b. Memahami pola makan dan kebutuhan gizi masing-masing
anak
c.
Memahami
layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak
d. Memahami tugas dan wewenang dalam membantu guru dan
guru pendamping.
2.
Terampil
melaksanakan pengasuhan, dengan indikator:
a. Terampil dalam melakukan perawatan kebersihan anak
b. Terampil bermain dan berkomunikasi secara verbal dan
non verbal dengan anak
c.
Mengenali
dan mengatasi ketidaknyamanan anak
d. Terampil dalam merawat kebersihan faslitas bermain
anak.
3.
Bersikap
dan berprilaku, sesuai dengan kebutuhan psikologis anak, dengan indikator:
a. Menyayangi anak secara tulus
b. Berprilaku sabar, tenang, ceria, penuh perhatian serta
melindungi anak
c.
Memiliki
kepekaan dan humoris dalam menyikapi perilaku anak
d. Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif dan
bertanggung jawab
e. Berpenampilan rapi, bersih dan sehat
f.
Berprilaku
santun, menghargai dan hormat kepada orang tua anak.
Dengan adanya
kompetensi tersebut maka sangat diperlukan berbagai pembinaan baik dari
pemerintah maupun pihak-pihak yang peduli dengan Pendidikan Anak Usia
Dini sehingga kompetensi
setiap pengasuh bisa meningkat. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi
setiap pengasuh adalah dengan mengikuti Diklat Dasar yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI
Daerah Istimewa Yogyakarta yang
bekerja sama dengan HIMPAUDI Kabupaten Kulon Progo. Diharapkan melalui Diklat
Dasar ini akan tercapai
pengasuh yang professional dalam mendidik dan mengasuh anak usia dini sesuai
dengan perkembangan dan pertumbuhan anak.
1. Dasar
Hukum
a. Undang-Undang
Dasar 1945;
b. Undang-Undang
Republik Indonesia No. 4 tahun 1974 tentang Kesejahteraan Anak;
c. Undang-Undang
Republik Indonesia No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;
d. Undang-Undang
Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
e. Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan;
f. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak
Usia Dini.
g.
Peraturan
Daerah Propinsi DIY No. 5 Tahun 2011 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan
Pendidikan Berbasis Budaya.
2. Tujuan
1. Tujuan Penyusunan Laporan
Tujuan penyusunan laporan tugas mandiri ini adalah:
1. Meningkatkan kemampuan menulis
2. Memperdalam pengetahuan dari buku-buku penunjang maupun
referensi lainnya
3. Sebagai salah satu prasyarat kelulusan Diklat
Berjenjang Tingkat Dasar.
2. Tujuan Pelaksanaan Tugas Mandiri
Tujuan pelaksanaan tugas mandiri dilembaga pasca
diklat adalah:
1. Mengaplikasikan hasil diklat dalam melaksanakan
pengasuhan anak.
2. Meningkatkan kesetiakawanan dan kerjasama dengan teman
sejawat.
4. Manfaat
1. Pengasuh
a. Menambah wawasan dan pengetahuan yang berhubungan
dengan pengasuhan PAUD
b. Menambah kemampuan pengasuh dalam mengasuh anak
c. Meningkatkan mutu
pengasuh dalam menjalankan tugas pengasuhan
d. Meningkatkan rasa percaya diri dalam mengasuh anak
didik.
2. Lembaga
Meningkatkan
kualitas lembaga dalam mengelola dan pelayanan dalam lembaga PAUD.
3. Masyarakat
Menambah
kepercayaan masyarakat pada umumnya dan orang tua wali pada khususnya dalam
mendidik dan mengasuh putra-putrinya di lembaga asal.
BAB II
PELAKSANAAN
1. Waktu
Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Tugas Mandiri Diklat Dasar UntukPendidik
PAUD selama 25 hari, yaitu Senin, 15Agustus 2016 sampai
dengan Senin, 15Nofember
2016
2. Tempat
Pelaksanaan
Tugas Mandiri Diklat Dasar Pendidik PAUD dilaksanakan
di Pos
Paud Merpatidengan alamat dusun Sadang
RT 036 RW 13, desa Tanjungharjo, kecamatan Nanggulan, kabupaten Kulon Progo.
BAB III
KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN TIAP HARI
1. Jadwal
Kegiatan Pelaksanaan Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar PTK PAUD
NO
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
1.
|
Senin,
15Agustus
2016
|
Mengantar
surat pengantar tugas mandiri ke ketua lembaga
|
2.
|
Selasa,16Agustus 2016
|
Diskusi
dengan teman-teman pendidik tentang pelaksanan tugas mandiridan sharing
materi diklat
|
3.
|
Kamis,18Agustus 2016
|
Menyusun
jadwal pelaksanaan tugas mandiri sesuai hasil diskusi
|
4.
|
Jum’at,19Agustus 2016
|
Diskusi
untuk menentukan tema –sub tema dan kegiatan main untuk 5 kali KBM
|
5.
|
Kamis,18Agustus 2016
|
Merancang kegiatan main untuk 5
kali KBM yang disesuaikan dengan tema, KI dan KD
|
6.
|
Sabtu, 20Agustus 2016
|
Menyusun
RKM untuk 2 minggu/ 5 KBM
|
7.
|
Senin,22Agustus2016
|
Menyusun
RKH minggu ke 5Agustus 2016
|
8.
|
Kamis,25Agustus2016
|
Menyusun
RKH minggu ke 1 September 2016
|
9.
|
Sabtu,27Agustus 2016
|
Menyusun
format penilaian/tehnik evaluasi 5 KBM
|
10.
|
Kamis,1 September2016
|
Pelaksanaan
KBM ke-1
|
11.
|
Sabtu,3Setember 2016
|
Pelaksanaan KBM ke-2
|
12.
|
Senin,5September 2016
|
Pelaksanaan KBM ke-3
|
13.
|
Kamis,8September 201
|
Pelaksanaan KBM ke-4
|
14.
|
Sabtu, 10September2016
|
Pelaksanaan KBM ke-5
|
15.
|
Sabtu, 11September2016
|
diskusi
tentang hasil KBM selama 5 hari
|
16.
|
Kamis, 15September2016
|
Evaluasi
pelaksanaan tugas mandiri serta mengisi instrument oleh teman-teman pendidik
dan pengelola
|
17.
|
Sabtu,17September 2016
|
Membuat
revisi tehnik evaluasi
|
18.
|
Senin,19September2016
|
Menyusun
Laporan: Halaman Sampul s.d BAB II
|
19.
|
Kamis, 22Setember2016
|
Menyusun
Laporan: BAB III s.d Penutup
|
20.
|
Sabtu,24eptember2016
|
Menyusun
Lampiran Laporan Tugas Mandiri
|
21.
|
Senin,26September 2016
|
Koreksi
tulisan dan menyusun foto-foto pendukung
|
22.
|
Kamis,29September 2016
|
Cetak
foto dan cetak laporan tugas mandiri
|
23.
|
Sabtu,1Nofember 2016
|
Minta
tanda tangan Ketua Lembaga
|
24.
|
Senin, 3Nofember2016
|
Jilid
Laporan tugas mandiri
|
25.
|
Kamis,6 Nofember2016
|
Ke
kantor pos untuk mengirim laporan tugas mandiri
|
2. Uraian
Kegiatan dan Hasil yang diperoleh
JURNAL HARIAN PESERTA
DIKLAT
BERJENJANG TINGKAT DASAR
NO
|
Tanggal & Waktu
|
Kegiatan
|
Hasil
|
Catatan
Pendam-ping
|
Paraf
Pendam-ping
|
|
1.
|
15Agustus 2016
16.00-17.00
|
Mengantar surat pengantar tugas
mandiri ke ketua lembaga
|
Surat Pengantar Tugas Mandiri
sudah diterima oleh Ibu Rejeb
Beliau mengucapkan selamat
bertugas, semoga tugas mandirinya lancar sampai dengan penyusunan laporan
|
|
|
|
2.
|
16Agustus 2016
10.30-11.30
|
Diskusi dengan teman-teman
pendidik tentang pelaksanan tugas mandiridan sharing materi diklat
|
Semua teman pendidik menyambut
baik rencana pelaksanaan tugas mandiri
Fotocopy modul diklat dasar
sudah diterima pendidik sebagai tambahan bahan bacaan
|
|
|
|
3.
|
18Agustus 2016
10.30-11.30
|
Menyusun jadwal pelaksanaan
tugas mandiri sesuai hasil diskusi
|
Jadwal tugas mandiri sudah
tersusun dan tercetak
|
|
|
|
4.
|
19Agstus2016
|
Diskusi untuk menentukan tema
–sub tema dan kegiatan main untuk 5 kali KBM di lembaga dan menentukan KI dan
KD
|
KI dan KD telah tersusun
Tema sudah ditentukan, yaitu:
Tema: Lingkungan
Sub tema Minggu ke-1September : Keluargaku
Sub tema Minggu ke-1 September:Sekolahku
|
|
|
|
5.
|
20Agustus 2016
10.30-14.00
|
Merancang kegiatan main untuk 5
kali KBM yang disesuaikan dengan tema, KI dan KD
|
Kegiatan main telah tersusun
|
|
|
|
6.
|
19Agustust2016
10.30-12.00
|
Menyusun Rencana Kegiatan Mingguan
untuk 2 minggu/ 5 KBM
|
RKM telah tersusun dan akan
digunakan sebagai acuan penyusunan RKH
|
|
|
|
7.
|
20Agustus2016
10.30-12.00
|
Menyusun RKH minggu 1 September2016
|
RKH telah tersusun untuk
tanggal 1 dan3 September 2016
|
|
|
|
8.
|
25Agustus2016
10.30-12.00
|
Melanjutkan menyusun RKH untuk
KBM 2 tanggal
5,8,10Setember 2016
|
RKH untuk tanggal 5,7,
dan 10 Setember 2016 telah tersusun dan siap untuk dilaksanakan
|
|
|
|
9.
|
27Agustus 2016
10.30-12.00
|
Menentukan 3 alat evaluasi
membuat format yang akan
digunakan
|
Alat evaluasi sudah ditentukan
yaitu checklist, catatan anekdot dan unjuk kerja
|
|
|
|
10.
|
1 September2016
|
Pelaksanaan KBM ke-1
|
Pelaku tugas mandiri melaksaanakan
KBM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Kamis1 September 2016
07.30
07.00-08.00
08.00-08.15
|
Tema : Lingkungan
Sub
Tema : Keluargaku
Usia : 2-3 th
Kedatangan
pendiidik
Penataan
lingkungan main
Penyambutan
anak
|
|
|
|
|
|
Tersedia
fasillitas bermain
Semua
anak mau berjabat tangan,namun beberapa anak belum mau menjawab salam dari
pendidik
|
|
|
|||
|
||||||
|
08.15-08.45
|
Kegiatana
Awal
-Senam
-Toilet
traning
-Bermain
kacang-kacang goreng
-Duduk
melingkar
-Bedoa
sebelum belajar,salam
|
10
anak bersemangat mengikuti senam.2 anak masih dipangkuan ibunya
Melatih
kemandirian, beberapa anak sudah bisa melakukan langkah-langkah BAK dengan
benar
Terstimulasi
motorik halus dan kasar.Semua anak antusias
Mengikutinya
Semua
anak duduk membentuk lingkaran
Hadir
12 anak.Semua anak berdoa namun beberapa belum mengikuti bacaan doa dengan
lengkap
|
|
|
|
|
|
-Bercakap-cakap
dengan tema keluargaku
-Bernyanyi
satu-satu aku sayang ibu
-Membuat
kesepakatan main
|
9
anak mendengarkan dengan baik.3 anak belum mau mengikuti
10
anak mau maju kedepan secara bergantian.2 anak belum mau maju kedepan
Anak
paham apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan saat kegiatan
|
|
|
|
|
08.45-10.00
|
Kegiatan
inti
-Bercerita
tentang anggota keluarga
-Bermain
peran(makan bersama keluarga)
-Mewarnai
gambar
Kegiatan
Akhir
-Beres-beres
alat main
-Cuci
tangan
-Berdoa
sebelum makan
-Makan
BMT arem-arem dan lapis
-Duduk
melingkar,recolling
-Berdoa,salam
dan pulang
|
Semua
anak antusias mendengarkan cerita pendidik
10
anak mau mengikutinya.2anak ikut tapi masih dipangkuan ibunya
Dari
12anak mewarnai gambar 8 anak masih dibantu
Semua
anak ikutmembereskan alat main.Tempat kegiatan menjadi rapi
Semua
anak cuci tangan
Semua
anak makan arem arem dan lapis
Anak
mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan
|
|
|
|
|
10.00-10.30
|
Pengasuh
beres-beresPengasuh menyelesaikan administrasi dan evaluasi pengasuhan
Pengasuh
pulang
|
Tempat
kegiatan menjadi rapi
Administrasi
dan evaluasi menjadi tertib dan akan lebih mudah untuk dilihatdan
dilaksanakan
|
|
|
|
|
||||||
12.
|
Sabtu3 September 2016
07.30
07.30-08.00
08.00-08.15
|
Tema : Lingkungan
Sub
Tema : Keluargaku
Usia :2-3th
Kedatangan
pendidik
Penataan
lingkungan main
Penyambutan Anak
|
Tersedianya
fasilitas bermain anak
Anak mau berjabat tangan dan
mengucap salam
|
|
|
|
|
||||||
|
||||||
|
08.15-08.45
|
Kegiatan
Awal
-Anak
berjinjit,berjalan maju mundur, melompat,mengangkat satu kaki seperti pesawat
terbang
-Senam
-Toilet
Training
-Duduk
melingkar
-Berdoa
sebelum belajar
-Salam
-Bercakap-cakap
tentang tema
-Menyanyi
”satu-satu aku sayang ibu”
Membuat
kesepakatan main
|
-Gerakan
untuk pengembangan motorik kasar dan halus.4 anak mengikutinya dengan baik
-Semua
anak mengikutinya,walaupun ada yang tidak sampai selesai
Kemandirian,sabar
ketika antri.Beberapa anak sudah melakukan BAK dengan benar
Hadir
14 anak
Dari
14 anak ,4anak belum menirukan sikap berdoa dengan baik
5
anak belum mau tunjuk jari
Semua
anak
menyanyi dan bertepuk
Anak
paham apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat main
|
|
|
|
|
08.45-10.00
|
Kegiatan
Inti
-Cerita
tentang tugas yang dilakukan didalam keluarga
-Menggambar
bebas sesuai(yang dibeli ibu dipasar)
-Bermain
plastisin
Kegiatan
Akhir
-Beres-beres
alat main
-Cuci
tangan,berdoa sebelum makan
-Makan
BMT nasi + (Sayur bayam,wortel,jagung)
-Duduk
melingkar,recolling
-Berdoa
, salam,pulang
|
Dari
14 anak,7 anak bisa menjawab dengan benar pekerjaan sang ibu dan tempatnya.1
anak bermain diluar,6 anak menjawab masih dengan bantuan orang tua
6
anak menggambar bagus(tempe,tahu,sawi, telur),2 anak masih bermain diluar
Semua
anak mau bermain plastisin
Semua
anak
membereskan
alat main.Tempat menjadi rapi dan bersih
Semua
anak cuci tangan kemudian berdoa
Semua
anak makan nasi dan sayur.2 anak habis semua
Anak
mengingat kembali kegiatan yang dilakukan.Beberapa anak menceritakan
pengalaman main
|
|
|
|
|
10.00-10.30
|
Pengasuh beres-beres
Pengasuh
menyelesaikan administrasi dan evaluasi
pengasuh
Mempersiapkan
kegiatan esok hari
Pengasuh
pulang
|
Tempat
kegiatan menjadi rapi
Administrasi
dan evaluasi menjadi lebih tertib dan akan lebih mudah untuk dilihat dan
dilaksanakan
Pengasuh
tidak tergesa-gesa dalam menata lingkungan main pada esok harinya
|
|
|
|
13.
|
Senin 5September 2016
07.30
07.30-08.00
08.00-08.15
|
Tema :
Lingkungan
Sub
tema : Keluargaku
Umur :2-3th
Kedatangan
pendidik
Penataan
lingkungan main
Penyambutan
anak
|
Tersedianya
fasilitas main
Semua
anak mau berjabat tangan,namun masih banyak yang belum menjawab salam dari
pendidik
|
|
|
|
|
08.15-08.45
|
Kegiatan
Awal
-Senam
-Toilet
training
-Duduk
melingkar
-Berdoa
sebelum belajar
-Salam
-Bercakap-cakap
tentang tema Sekolahku
-Bernyanyi Merpatiku dan naikkereta api
-Membuat
kesepakatan main
|
12
anak bersemangat senam,2 anak tidak ikut senam
Beberapa
anak sudah melakukan BAK dengan benar
Hadir
14 anak
10
anak bisa menirukan bacaan doa dengan baik.4 anak masih asyik bermain
Semua
anak mendengarkan yang disampaikan pendidik
Semua
anak bernyanyi dan bertepuk.8 anak berkeliling berjalan seperti kereta api
Anak
tahu aturan main
|
|
|
|
|
08.45-10.00
|
Kegiatan
Inti
-Bercerita
tentang sekolahku
-Mengenal
identitas sekolah
-Mewarnai
gambar
Kegiatan
Akhir
-Beres-beres
alat main
-Duduk
melingkar
-Bernyanyi
ilalikok
-Berdoa,salam,
pulang
|
11
anak mendengarkan cerita pendidik
4
anak sudah bisa menyebutkan alamat dan nama sekolah
5
anak sudah bisa mewarnai sendiri
Tempat
kegiatan menjadi rapi dan bers
Semua
anak duduk melingkar
Semua
anak menyanyi dan bertepuk
|
|
|
|
|
10.00-1030
|
Pengasuh
beres-beres
Pengasuh
menyelesaikan administrasi dan evaluasi
pengasuh
Mempersiapkan
kegiatan hari esok
Pengasuh
pulang
|
Tempat
kegiatan menjadi rapi kembali
Administrasi
dan evaluasi menjadi tertib dan akan lebih mudah dilihat dan dilaksanakan
Pengasuh
tidak tergesa-gesa dalam menata lingkungan main pada hari esok
|
|
|
|
14.
|
Kamis8 September 2016
07.30
07.30-08.00
08.00-08.15
08.15-08.45
08.45-10.00
|
Tema : Lingkungan
Sub
tema : Sekolahku
Usia :
2-3th
Kedatangan
pendidik
Penataan
lingkungan main
Penyambutan
anak
Kegiatan
Awal
-Senam
-Toilet
training
-Duduk
melingkar
-Berdoa
sebelum belajar,salam
-Bercakap-cakap
tentang tema
-Bernyanyi
bangun tidur dan naik kereta api
-Membuat
kesepakatan main
Kegiatan
inti
-Cerita
sederhana tentang benda yang ada didalam sekolah
-Menggunting
segitiga dan segi empat
-Menempel
segitiga dan segiempat membentuk rumah
Kegiatan akhir
-Beres-beres
alat main
-Cuci
tangan,berdoa
-Makan
BMT
-Duduk
melingkar,recolling
-Bernyanyi
ilalikok
-Berdoa
salam dan pulang
|
Tersedianya
fasilitas main
Semua
anak mau berjabat tangan beberapa masih dengan dorongan orang tua dan
pendidik,beberapa masih ada yang belum mau menjawab salam dari pendidik
Semua
pendidik dan anak-anak senam
Anak
sabar antri ketoilet
Hadir
16 anak
Semua
anak berdoa
Anak
mendengarkan pendidik
12
anak ikut bernyanyi,2 anak asyik bermain
Anak
tahu aturan main
Semua
anak mendengarkan cerita pendidik
3
anak menggunting sndiri
3
orang bisa sendiri,lainnya dibantu
Tempat
kegiatan menjadi rapi
Semua
cuci tangan dan berdoa
Semua
makan BMT
Anak
mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan
|
|
|
|
|
10.00-10.30
|
Pengasuh
beres-beres
Pengasuh
menyelesaikan administrasi dan evaluasi
Mempersiapkan
kegiatan untuk esok
Pengasuh
pulang
|
Tempat
kegiatan menjadi rapi
Administrasi
dan evaluasi menjadi lebih tertib
Pengasuh
menata alat main untuk hari berikutnya
|
|
|
|
16.
|
Sabtu10 September 2016
07.30
07.30-08.00
08.00-08.15
|
Tema : Lingkungan
Sub
tema : Sekolahku
Umur :
2-3th
Kedatangan
pendidik
Penataan
lingkungan main
Penyambutan
anak
|
Tersedianya
fasilitas bermain
Semua
anak mau berjabat tangan beberapa anak masih dengan dorongan orang tua dan
masih ada yang belum mau menjawab salam dari pendidik
|
|
|
|
|
|
|||||
08.15-08.45
|
Kegiatan
awal
-Senam
-Toilet
training
-Duduk
melingkar
-Berdoa
sebelum belajar
-Salam
-Bercakap
tentang tema sekolah
-Menyanyi
bangun tidur,aku anak paud
-Membuat
kesepakatan main
|
Terstimulasi
motorik halus dan kasar,1 orang lum ikut senam
Beberapa
anak sudah mengerti langkah BAK yang benar
Hadir
15 anak
Dari
15 anak,5 anak belum mau berdoa dengan sikap berdoa yang baik
Semua
anak mendengarkan
2
anak tidak ikut bernyanyi
Anak
paham aturan main
|
|
|
||
|
||||||
|
08.45-10.00
10.00-10.30
|
Kegiatan
inti
-Guru
bercerita tentang benda yang ada dihalaman sekolah
-Membuat
gedung sekolah dengan balok
-Menggambar
bebas yang ada dihalaman sekolah
Kegiatan
akhir
-Beres-beres
alat main
-Cuci
tangan
-Berdoa
sebelum makan makan BMT
-Duduk
melingkar,recolling
-Menyanyi
ilalikok
-Berdoa,salam
dan pulang
Pengasuh
beres-beres
Pengasuh
menyelesaikan administrasi dan evaluasi
Mempersiapkan
kegiatan esok
Pengasuh
pulang
|
5
anak asyik bermain
5
anak bisa membuat bentuk gedung sekolah
-2
anak tidak ikut menggambar
Tempat
kegiatan menjadi rapi dan bersih
Semua
anak cuci tangan
Semua
anak berdoa dan makan
Anak
mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan
2
anak tidak ikut menyanyi
Tempat
kegiatan menjadi rapi dan bersih
Administrasi
dan evaluasi menjadi lebih tertib danakan lebih mudah untuk dilihat dan dilaksanakan
Pengasuh
tidak tergesa-gesa dalam menata lingkungan main pada esok harinya
|
|
|
|
17.
|
Kamis15 september 2016
07.30
07.30-08.00
08.00-08.15
08.15-08.45
08.45-10.00
|
Tema : Lingkungan
Sub
tema : Kebunku
Umur :
2-3th
Kedatangan
pendidik
Penataan
lingkungan main
Penyambutan
anak
Kegiatan
awal
-Senam
-Toilet
training
-Duduk
melingkar
-Berdoa
sebelum belajar,salam
-Bercakap-cakap
tentang tema kebunku
-Menyanyi
lihat kebunku
-Membuat
kesepakatan main
Kegiatan
inti
-Anak
anak keluar melihat kebun yang ada disekolah
-Melipat
kertas membentuk bunga
-Memasang
tangkai bunga menggunakan lidi
Kegitan
akhir
-Beres-beres
alat main
-Cuci
tangan
-Berdoa
sebelum makan,makan
BMT
-Duduk
melingkar,recolling
|
Tersedianaya
fasilitas bermain
Semua
anak mau berjabat tangan,ada yang belum menjawab salam dari pendidik
Terstimulasi
motorik kasar dan halus,1 anak tidak ikut senam
Kemandirian,sabar
ketika antri
Hadir
12 anak
2
anak belum berdoa dengan sikap yang baik
Semua
anak mendengarkan pendidik
Semua
anak bernyanyi dan bertepuk
Anak
paham aturan main
Semua
anak antusias mengikutinya
2
anak bisa sendiri melipat
Semua
anak dibantu
Tempat
kegiatan menjadi rapi dan bersih
Semua
anak cuci tangan
Smua
anak berdoa dan makan BMT
Anak
mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
10.00-10.30
|
Pengasuh beres-beres
|
Tempat
|
|
|
|
|
09.35-09.50
|
Istirahat
makan bekal
|
Semua anak makan bekal
Sebelum dan sesudah makan anak-anak berdoa
|
|
|
|
|
09.50-10.00
|
Pijakan setelah main
·
Diskusi tentang pengalaman main
·
Pesan-pesan
·
Doa setelah belajar
·
Salam
|
Anak-anak menceritakan bahwa lipatannya susah dan minta mengulang
kembali esok hari
Pesan peduli pada teman atau orang lain tersampaikan lewat cerita
pendek
Anak berdoa setelah belajar dan menjawab salam
|
|
|
|
|
10.00-10.30
|
·
Beres-beres ruangan
·
Menyelesaikan administrasi dan rekap penilaian
|
Ruangan tertata rapi
Administrasi pembelajaran terlengkapi
|
|
|
|
4
|
4Sepetember 2016
07.30
07.30-08.00
08.00-08.15
|
Tema : Lingkungan
Sub tema : Sekolahku
Umur : 2-3th
Kedatangan pendidik
Penataan lingkungan main
Penyambutan anak
|
Tersedianya fasilitas
bermain
Semua anak mau berjabat
tangan dan menjawab salam,beberapa masih dengan dorongan pendidik dan orang
tua
|
|
|
|
|
08.15-08.45
|
Kegiatan Awal
-senam
-Toilet training
-Duduk melingkar
-Berdoa sebelum
belajar,salam
-Bercakap-cakap tentang
tema
-Bernyanyi “Merpatiku”
-Membuat kesepakatan
main
|
Semua pendidk dan
anak-anak melakukan senam
Anak-anak sabar antri ke
toilet
Hadir 14 anak
Dari 14 anak 3 anak lum
mau berdoa
Anak-anak mendengarkan
Semua anak bertepuk dan
bernyanyi
Anak mengetahui aturan
main
|
|
|
|
|
08.45-10.00
|
Kegiatan Inti
-Bercerita tentang
sekolahku
-Mengenal ldentitas
sekolah
-Mewarnai gambar sekolah
Kegiatan Akhir
-Beres-beres alat main
-Duduk
melingkar,recolling
-Berdoa salam,pulang
|
11 anak mendengarkan
cerita pendidik
4 anak sudah bisa
menyebutkan alamat dan nama sekolah
5 anak sudah bisa
mewarnai sendiri
Tempat kegiatan menjadi
rapi dan bersih
Anak mengingat kembali
kegiatan yang telah dilakukan
2 anak tidak ikut berdoa
|
|
|
|
|
10.00-10.30
|
Pengasuh beres-beres
Pengasuh menyelesaikan
administrasi dan evaluasi
Pengasuh mempersiapkan
kegiatan hari esok
Pengasuh pulang
|
Tempat kegiatan menjadi
rapi
Administrasi selesai
Pengasuh tidak
tergesa-gesa dalam menata lingkungan main untuk hari esok
|
|
|
|
5
|
10September
2016
|
|
|
|
|
|
|
08.25-08.40
|
pijakan sebelum main:
·
Doa, salam, presensi
·
Bernyanyi sambil bertepuk tangan
·
Bersama anak membuat aturan main
|
Anak-anak mau berdoa dengan sikap doa yang baik
Saat presensi ada 1 anak yang tidak hadir karena demam
Anak-anak menyanyikan lagu “Seneng-senenge” dengan antusias
Aturan main terbentuk dan disepakati antar anak
|
|
|
|
|
08.40-09.25
|
Pijakan saat main:
·
Anak memilih permainan dan teman main
·
Anak mencoba setiap permainan
·
Pendidik mendampingi
dan memberi dukungan
|
Anak-anak antusian mencoba seluruh permainan
ada anak yang tidak mau pindah
permainan karena anak senang bermain di pompa air.
ada anak yang takut bermain egrang bathok tapi dengan dukungan akhirnya anak mau
mencoba
|
|
|
|
|
09.25-09.35
|
Recalling
·
Beres-beres alat main
·
Cuci tangan
·
Diskusi tentang perilaku yang muncul
|
Alat-alat telah dikembalikan ditempatnya
Anak-anak cuci tangan secara bergantian
Anak-anak bercerita bahwa permainan di luar ruangan menyenangkan
|
|
|
|
|
09.35-09.50
|
Istirahat
makan bersama
|
Semua anak berdoa dan makan PMT dengan menu Bubur kacang hijau dan
pisang
|
|
|
|
|
09.50-10.00
|
Pijakan setelah main
·
Membahas perasaan anak –anak saat bermain hari ini
·
Pesan-pesan
·
Informasi kegiatan hari Senin
·
Doa dan salam
|
Anak- anak senang bermain
hari ini
Anak-anak pada hari senin akan bermain di sentra persiapan
Bersama dengan pendidik, anak berdoa setelah belajar dengan sikap yang
baik
|
|
|
|
|
10.00-10.30
|
·
Beres-beres ruangan
·
Menyelesaikan administrasi dan evaluasi harian
|
Ruangan bersih dan rapi
Administrasi dan evaluasi tercatat dibuku
|
|
|
|
11.
|
4 April 2016
|
Pelaksanaan KBM ke-5 di Sentra Persiapan
|
|
|
|
|
|
07.00-07.30
|
Penataan Lingkungan Main
|
Alat dan bahan untuk 4 kegiatan main sudah siap
|
|
|
|
|
07.30-08.00
|
Penyambutan Anak
|
Semua anak mau bersalaman dan mengucap salam
|
|
|
|
|
08.00-08.15
|
Main Gerakan Kasar
Senam Sehat Gembira
|
Anak-anak dan pendidik melakukan senam
|
|
|
|
|
08.15-08.25
|
Cuci tangan dan minum air putih
|
Anak-anak cuci tangan bergantian dan mnum air putih
|
|
|
|
|
08.25-08.40
|
pijakan sebelum main:
·
Doa, salam dan presensi
·
Bernyanyi dan bertepuk bersama
·
Diskusi tema hari ini tentang Waduk Sermo
·
Menjelaskan kegiatan main
·
Membuat aturan dan harapan main
|
Anak-anak berdoa sebelum belajar setelah itu menjawab salam
Jumlah yang hadir 8 anak
Anak bisa menyebutkan tema hari ini Waduk Sermo
Aturan main terbentuk dan disepakati antar anak
|
|
|
|
|
08.40-09.25
|
Pijakan saat main:
·
Anak memilih permainan dan teman main
|
Anak-anak menempati tempat main sesuai dengan pilihannya
Mereka bergantian menggunakan permainan
|
|
|
|
|
09.25-09.35
|
Recalling
·
Beres-beres
·
Diskusi tentang
hasil kegiatan main
·
Cuci tangan
|
Mainan tersusun ditempatnya
Anak-anak mencoba seluruh permainan dan menunjukkan hasil karyanya
Anak-anak cuci tangan secara bergantian
|
|
|
|
|
09.35-09.50
|
Istirahat
makan bekal
|
Anak-anak berdoa sebelum makan dengan sikap doa, mereka makan dan
setelah selesai berdoa setelah makan dengan sikap doa yang baik
|
|
|
|
|
09.50-10.00
|
Pijakan setelah main
·
Diskusi tentang perasaan anak
·
Menyampaikan pesan sabar melalui cerita pendek
·
Doa setelah belajar
·
Salam
|
Sebagian anak bisa melakukan seluruh kegiatan main sesuai aturan main
Anak berdoa dengan sikap doa yang baik
|
|
|
|
|
10.00-10.30
|
·
Beres-beres ruangan
·
Menyelesaikan administrasi dan evaluasi
|
Ruangan tertata rapi
Administrasi dan evaluasi telah selesai dibuat
|
|
|
|
12.
|
5 April 2016
|
diskusi tentang hasil KBM selama 5 hari
|
5 hari KBM dalam rangka penerapan RKH Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
telah dilaksanakan dengan lancer
|
|
|
|
13.
|
6 April 2016
|
Evaluasi kinerja pendidik/penulis oleh teman-teman pendidik di lembaga
|
Instrumen penilaian telah terisi dan ditanda tangani perwakilan
pengelola
|
|
|
|
14.
|
7 April 2016
|
Membuat revisi alat evaluasi untuk ke-5 KBM
|
Alat evaluasi untuk ke-5 KBM telah tersusun sejumlah 15
Evaluasi
|
|
|
|
15.
|
8 April 2016
|
Menyusun Laporan
Mencari referensi yang relevan dengan isi dan pendahuluan
|
Laporan tersusun sampai BAB II
Pelaksanaan
|
|
|
|
16.
|
11 April 2016
|
Melanjutkan menyusun Laporan tugas mandiri
|
Laporan tersusun sampai BAB V
Penutup
|
|
|
|
17.
|
12 April 2016
|
Menyusun Lampiran program-program layanan dan foto-foto pendukung
|
Lampiran program layanan dan foto-foto pendukung telah tersusun
|
|
|
|
18.
|
13 April 2016
|
Mengkoreksi ulang susunan laporan tugas mandiri di dalam file
|
Laporan Tugas Mandiri sudah sesuai urutannya
|
|
|
|
19.
|
14 April 2016
|
Mencetak laporan tugas mandiri dan foto-foto pendukung
|
Seluruh laporan diklat telah tercetak
|
|
|
|
20.
|
15 April 2016
|
Menemui Ketua Pengelola untuk minta tanda tangan pengesahan
|
Laporan Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar sudah ditanda tangani Ketua Pengelola
|
|
|
|
21.
|
16 April 2016
|
menjilid dan menggandakan Laporan tugas mandiri
|
Laporan tugas mandiri sudah digandakan dan dijilid
|
|
|
|
22.
|
18 April 2016
|
Ke kantor pos untuk mengirim laporan tugas mandiri
|
Laporan tugas mandiri terkirim melalui Kantor Pos Wates
|
|
|
BAB IV
PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN
1.
Permasalahan
Berkut beberapa permasalahan yang muncul dalam
pelaksanaan tugas mandiri, antara lain:
a. Keterbatasan buku-buku yang dimiliki penyusun sebagai
referensi yang menunjang penyusunan laporan
b. Penyusun masih mengalami keterbatasan pengetahuan
dalam menyusun evaluasi pembelajaran
2.
Pemecahan
a. Meminjam buku-buku referensi di perpustakaan daerah
dan teman pendidik, sehingga data dan informasi yang dibutuhkan dapat
terkumpul.
b. Berdiskusi denganteman-teman pendidik yang lebih senior
juga konsultasi ke teman bagian Litbang HIMPAUDI Kecamatan Pengasih
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
1. Kegiatan pelaksanaan tugas mandiri ini sangat bermanfaat
peserta Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik PAUD dalam pendalaman pengetahuan
tentang pengasuhan dan pembuatan kelengkapan administrasi pembelajaran.
2. Dengan adanya tugas mandiri ini, peserta diklat menjadi
lebih tertib dan bertanggung jawab dalam ketertiban pendokumentasian kegiatan
3. Dengan kegiatan penyusunan laporan tugas mandiri ini,
peserta diklat menjadi tahu cara penyusunan laporan dan meningkatkan kemampuan
menulisnya.
B. Saran
1. Setiap pendidik PAUD tidak boleh berhenti belajar
untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan kepribadian diri.
2.
Dibutuhkan
kerjasama yang baik dari semua pihak di lingkungan lembaga PAUD, agar pelayanan
pendidikan anak usia dini dapat berjalan maksimal dan berkualitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar