Jumat, 09 November 2018

Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik PAUD




Kegiatan pelaksanaan tugas mandiri ini sangat bermanfaat peserta Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik PAUD dalam pendalaman pengetahuan tentang pengasuhan dan pembuatan kelengkapan administrasi pembelajaran. Dengan adanya tugas mandiri ini, peserta diklat menjadi lebih tertib dan bertanggung jawab dalam ketertiban pendokumentasian kegiatan
 




BAB I
PENDAHULUAN

    1.    Latar Belakang
Usia dini merupakan masa peka dalam perkembangan aspek berpikir logis anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya. Masa peka adalah masa dimana terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi lingkungan dan mengasimiliasikan atau menginternalisasikan ke dalam pribadinya. Faktor genetic (nature) dan faktor lingkungan (nurture) mempunyai pengaruh yang cukup besar erhadap pembentukan dan kemampuan otak. Stimulasi lingkungan dengan menyediakan lingkungan yang sehat dan sesuai dengan tahap perkembangan anak pada awal masa pertumbuhan anak sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak selanjutnya.
Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan agar pemerintah mengusahakan dan menyelenggatakan sistem pendidikan Nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia serta dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan Undang-undang. Salah satunya adalah dalam Undang-undang Republik Indonesia no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 ayat (14) menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah  suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan baik jasmani maupun rohani anak agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Selain itu pemerintah mengeluarkan Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 28 ayat (4) yaitu pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur non formal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) atau bentuk lain yang sederajat. Hal ini bertujuan untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, perilaku, perasaan, kecerdasan, sosial dan fisik yang diperlukan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1, ayat (3) menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan upaya pendidikan yang ditujukan kepada anak sejak ia lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Selanjutnya dalam pasal 28 dinyatakan bahwa pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal dan informal. Kelompok bermain merupakan pendidikan anak usia dini pada jalur non formal. Berdasarkan landasan yuridis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa untuk memberikan rangsangan yang optimal kepada anak usia dini diperlukan upaya strategis agar penyelengaraan PAUD dapat berkualitas.
Pengasuh memiliki peranan yang sangat penting dalam menyukseskan kebehasilan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Seperti tertuang dalam Permendiknas No. 58 tahun 2009tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini terdapat beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pengasuh, yaitu:
1.      Memahami dasar-dasar pengasuhan, dengan indikator:
a.     Memahami peran pengasuhan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak
b.     Memahami pola makan dan kebutuhan gizi masing-masing anak
c.      Memahami layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak
d.     Memahami tugas dan wewenang dalam membantu guru dan guru pendamping.
2.      Terampil melaksanakan pengasuhan, dengan indikator:
a.     Terampil dalam melakukan perawatan kebersihan anak
b.     Terampil bermain dan berkomunikasi secara verbal dan non verbal dengan anak
c.      Mengenali dan mengatasi ketidaknyamanan anak
d.     Terampil dalam merawat kebersihan faslitas bermain anak.
3.      Bersikap dan berprilaku, sesuai dengan kebutuhan psikologis anak, dengan indikator:
a.     Menyayangi anak secara tulus
b.     Berprilaku sabar, tenang, ceria, penuh perhatian serta melindungi anak
c.      Memiliki kepekaan dan humoris dalam menyikapi perilaku anak
d.     Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif dan bertanggung jawab
e.     Berpenampilan rapi, bersih dan sehat
f.       Berprilaku santun, menghargai dan hormat kepada orang tua anak.
Dengan adanya kompetensi tersebut maka sangat diperlukan berbagai pembinaan baik dari pemerintah maupun pihak-pihak yang peduli dengan Pendidikan Anak Usia Dini sehingga kompetensi setiap pengasuh bisa meningkat. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi setiap pengasuh adalah dengan mengikuti Diklat Dasar yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI Daerah Istimewa Yogyakarta yang bekerja sama dengan HIMPAUDI Kabupaten Kulon Progo. Diharapkan melalui Diklat Dasar ini akan tercapai pengasuh yang professional dalam mendidik dan mengasuh anak usia dini sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan anak.

1.    Dasar Hukum
a.    Undang-Undang Dasar 1945;
b.    Undang-Undang Republik Indonesia No. 4 tahun 1974 tentang Kesejahteraan Anak;
c.    Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;
d.    Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
e.    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
f.     Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
g.    Peraturan Daerah Propinsi DIY No. 5 Tahun 2011 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya.

2.    Tujuan
1.    Tujuan Penyusunan Laporan
Tujuan penyusunan laporan tugas mandiri ini adalah:
1.    Meningkatkan kemampuan menulis
2.    Memperdalam pengetahuan dari buku-buku penunjang maupun referensi lainnya
3.    Sebagai salah satu prasyarat kelulusan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar.
2.    Tujuan Pelaksanaan Tugas Mandiri
Tujuan pelaksanaan tugas mandiri dilembaga pasca diklat adalah:
1.    Mengaplikasikan hasil diklat dalam melaksanakan pengasuhan anak.
2.    Meningkatkan kesetiakawanan dan kerjasama dengan teman sejawat. 

4.     Manfaat
1.    Pengasuh
a.    Menambah wawasan dan pengetahuan yang berhubungan dengan pengasuhan PAUD
b.    Menambah kemampuan pengasuh dalam mengasuh anak
c.    Meningkatkan mutu  pengasuh dalam menjalankan tugas pengasuhan
d.    Meningkatkan rasa percaya diri dalam mengasuh anak didik.
2.    Lembaga
Meningkatkan kualitas lembaga dalam mengelola dan pelayanan dalam lembaga PAUD.
3.    Masyarakat
Menambah kepercayaan masyarakat pada umumnya dan orang tua wali pada khususnya dalam mendidik dan mengasuh putra-putrinya di lembaga asal.




BAB II
PELAKSANAAN

1.     Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Tugas Mandiri Diklat Dasar UntukPendidik PAUD selama 25 hari, yaitu Senin, 15Agustus  2016 sampai dengan Senin, 15Nofember 2016

2.     Tempat Pelaksanaan
Tugas Mandiri Diklat Dasar Pendidik PAUD dilaksanakan di Pos Paud Merpatidengan alamat dusun Sadang RT 036 RW 13, desa Tanjungharjo, kecamatan Nanggulan, kabupaten Kulon Progo.





BAB III
KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN TIAP HARI

1.     Jadwal Kegiatan Pelaksanaan Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar PTK PAUD
NO
Hari/Tanggal
Kegiatan
1.   
Senin, 15Agustus 2016
Mengantar surat pengantar tugas mandiri ke ketua lembaga
2.   
Selasa,16Agustus 2016
Diskusi dengan teman-teman pendidik tentang pelaksanan tugas mandiridan sharing materi diklat
3.   
Kamis,18Agustus 2016
Menyusun jadwal pelaksanaan tugas mandiri sesuai hasil diskusi
4.   
Jum’at,19Agustus 2016
Diskusi untuk menentukan tema –sub tema dan kegiatan main untuk 5 kali KBM
5.   
Kamis,18Agustus 2016
Merancang kegiatan main untuk 5 kali KBM yang disesuaikan dengan tema, KI dan KD
6.   
Sabtu, 20Agustus 2016
Menyusun RKM untuk 2 minggu/ 5 KBM
7.   
Senin,22Agustus2016
Menyusun RKH minggu ke 5Agustus 2016
8.   
Kamis,25Agustus2016
Menyusun RKH minggu ke 1 September 2016
9.   
Sabtu,27Agustus 2016
Menyusun format penilaian/tehnik evaluasi 5 KBM
10.        
Kamis,1 September2016
Pelaksanaan KBM ke-1

11.        
Sabtu,3Setember 2016
Pelaksanaan KBM ke-2
12.        
Senin,5September 2016
Pelaksanaan KBM ke-3
13.        
Kamis,8September 201
Pelaksanaan KBM ke-4
14.        
Sabtu, 10September2016
Pelaksanaan KBM ke-5
15.        
Sabtu, 11September2016
diskusi tentang hasil KBM selama 5 hari
16.        
Kamis, 15September2016
Evaluasi pelaksanaan tugas mandiri serta mengisi instrument oleh teman-teman pendidik dan pengelola
17.        
Sabtu,17September 2016
Membuat revisi tehnik evaluasi
18.        
Senin,19September2016
Menyusun Laporan: Halaman Sampul s.d BAB II
19.        
Kamis, 22Setember2016
Menyusun Laporan:  BAB III s.d Penutup
20.        
Sabtu,24eptember2016
Menyusun Lampiran Laporan Tugas Mandiri
21.        
Senin,26September 2016
Koreksi tulisan dan menyusun foto-foto pendukung
22.        
Kamis,29September 2016
Cetak foto dan cetak laporan tugas mandiri
23.        
Sabtu,1Nofember 2016
Minta tanda tangan Ketua Lembaga
24.        
Senin, 3Nofember2016
Jilid Laporan tugas mandiri
25.        
Kamis,6 Nofember2016
Ke kantor pos untuk mengirim laporan tugas mandiri


2.     Uraian Kegiatan dan Hasil yang diperoleh
JURNAL HARIAN PESERTA
                        DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
NO
Tanggal & Waktu
Kegiatan
Hasil
Catatan
Pendam-ping
Paraf
Pendam-ping

1.     
15Agustus 2016
16.00-17.00
Mengantar surat pengantar tugas mandiri ke ketua lembaga
Surat Pengantar Tugas Mandiri sudah diterima oleh Ibu Rejeb
Beliau mengucapkan selamat bertugas, semoga tugas mandirinya lancar sampai dengan penyusunan laporan



2.   
16Agustus 2016
10.30-11.30
Diskusi dengan teman-teman pendidik tentang pelaksanan tugas mandiridan sharing materi diklat
Semua teman pendidik menyambut baik rencana pelaksanaan tugas mandiri
Fotocopy modul diklat dasar sudah diterima pendidik sebagai tambahan bahan bacaan



3.   
18Agustus 2016
10.30-11.30
Menyusun jadwal pelaksanaan tugas mandiri sesuai hasil diskusi
Jadwal tugas mandiri sudah tersusun dan tercetak



4.   
19Agstus2016
Diskusi untuk menentukan tema –sub tema dan kegiatan main untuk 5 kali KBM di lembaga dan menentukan KI dan KD
KI dan KD telah tersusun
Tema sudah ditentukan, yaitu:
Tema: Lingkungan
Sub tema Minggu ke-1September : Keluargaku
Sub tema Minggu ke-1 September:Sekolahku



5.   
20Agustus 2016
10.30-14.00
Merancang kegiatan main untuk 5 kali KBM yang disesuaikan dengan tema, KI dan KD
Kegiatan main telah tersusun



6.   
19Agustust2016
10.30-12.00
Menyusun Rencana Kegiatan Mingguan  untuk 2 minggu/ 5 KBM
RKM telah tersusun dan akan digunakan sebagai acuan penyusunan RKH



7.   
20Agustus2016
10.30-12.00
Menyusun RKH minggu 1 September2016
RKH telah tersusun untuk tanggal 1 dan3 September 2016



8.   
25Agustus2016
10.30-12.00
Melanjutkan menyusun RKH untuk KBM 2 tanggal 5,8,10Setember 2016
RKH untuk tanggal 5,7, dan 10 Setember 2016  telah tersusun dan siap untuk dilaksanakan




9.   
27Agustus 2016
10.30-12.00
Menentukan 3 alat evaluasi
membuat format yang akan digunakan
Alat evaluasi sudah ditentukan yaitu checklist, catatan anekdot dan unjuk kerja



10.        
1 September2016
Pelaksanaan KBM ke-1
Pelaku tugas mandiri melaksaanakan KBM











11.

Kamis1 September 2016




07.30

07.00-08.00


08.00-08.15

Tema          : Lingkungan
Sub Tema  : Keluargaku
Usia            :   2-3 th

Kedatangan pendiidik
Penataan lingkungan main
Penyambutan anak













Tersedia fasillitas bermain

Semua anak mau berjabat tangan,namun beberapa anak belum mau menjawab salam dari pendidik






08.15-08.45
Kegiatana Awal
-Senam




-Toilet traning









-Bermain kacang-kacang goreng





-Duduk melingkar


-Bedoa sebelum belajar,salam

10 anak bersemangat mengikuti senam.2 anak masih dipangkuan ibunya
Melatih kemandirian, beberapa anak sudah bisa melakukan langkah-langkah BAK dengan benar
Terstimulasi motorik halus dan kasar.Semua anak antusias
Mengikutinya
Semua anak duduk membentuk lingkaran
Hadir 12 anak.Semua anak berdoa namun beberapa belum mengikuti bacaan doa dengan lengkap

























-Bercakap-cakap dengan tema keluargaku

-Bernyanyi satu-satu aku sayang ibu


-Membuat kesepakatan main



9 anak mendengarkan dengan baik.3 anak belum mau mengikuti
10 anak mau maju kedepan secara bergantian.2 anak belum mau maju kedepan
Anak paham apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan saat kegiatan




08.45-10.00
Kegiatan inti
-Bercerita tentang anggota keluarga
-Bermain peran(makan bersama keluarga)

-Mewarnai gambar


Kegiatan Akhir
-Beres-beres alat main



-Cuci tangan

-Berdoa sebelum makan
-Makan BMT arem-arem dan lapis
-Duduk melingkar,recolling

-Berdoa,salam dan pulang

Semua anak antusias mendengarkan cerita pendidik
10 anak mau mengikutinya.2anak ikut tapi masih dipangkuan ibunya
Dari 12anak mewarnai gambar 8 anak masih dibantu

Semua anak ikutmembereskan alat main.Tempat kegiatan menjadi rapi
Semua anak cuci tangan


Semua anak makan arem arem dan lapis
Anak mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan




10.00-10.30
Pengasuh beres-beresPengasuh menyelesaikan administrasi dan evaluasi pengasuhan

Pengasuh pulang
Tempat kegiatan menjadi rapi
Administrasi dan evaluasi menjadi tertib dan akan lebih mudah untuk dilihatdan dilaksanakan














12.
Sabtu3 September 2016




07.30

07.30-08.00


08.00-08.15
Tema        : Lingkungan
Sub Tema :  Keluargaku
Usia           :2-3th

Kedatangan pendidik
Penataan lingkungan main
Penyambutan Anak









Tersedianya fasilitas bermain anak
Anak mau berjabat tangan dan mengucap salam








08.15-08.45
Kegiatan Awal
-Anak berjinjit,berjalan maju mundur, melompat,mengangkat satu kaki seperti pesawat terbang
-Senam




-Toilet Training





-Duduk melingkar

-Berdoa sebelum  belajar
-Salam

-Bercakap-cakap tentang tema

-Menyanyi ”satu-satu aku sayang ibu”

Membuat kesepakatan main


-Gerakan untuk pengembangan motorik kasar dan halus.4 anak mengikutinya dengan baik

-Semua anak mengikutinya,walaupun ada yang tidak sampai selesai
Kemandirian,sabar ketika antri.Beberapa anak sudah melakukan BAK dengan benar
Hadir 14 anak


Dari 14 anak ,4anak belum menirukan sikap berdoa dengan baik
5 anak belum mau tunjuk jari


Semua anak
 menyanyi dan bertepuk
Anak paham apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat main




08.45-10.00
Kegiatan Inti
-Cerita tentang tugas yang dilakukan didalam keluarga





-Menggambar bebas sesuai(yang dibeli ibu dipasar)

-Bermain plastisin


Kegiatan Akhir
-Beres-beres alat main


-Cuci tangan,berdoa sebelum makan
-Makan BMT nasi + (Sayur bayam,wortel,jagung)

-Duduk melingkar,recolling



-Berdoa , salam,pulang

Dari 14 anak,7 anak bisa menjawab dengan benar pekerjaan sang ibu dan tempatnya.1 anak bermain diluar,6 anak menjawab masih dengan bantuan orang tua
6 anak menggambar bagus(tempe,tahu,sawi, telur),2 anak masih bermain diluar
Semua anak mau bermain plastisin

Semua anak

membereskan alat main.Tempat menjadi rapi dan bersih
Semua anak cuci tangan kemudian berdoa
Semua anak makan nasi dan sayur.2 anak habis semua

Anak mengingat kembali kegiatan yang dilakukan.Beberapa anak menceritakan pengalaman main





10.00-10.30


Pengasuh beres-beres
Pengasuh menyelesaikan administrasi dan evaluasi


 pengasuh
Mempersiapkan kegiatan esok hari

Pengasuh pulang
Tempat kegiatan menjadi rapi
Administrasi dan evaluasi menjadi lebih tertib dan akan lebih mudah untuk dilihat dan dilaksanakan
Pengasuh tidak tergesa-gesa dalam menata lingkungan main pada esok harinya



13.
Senin 5September 2016




07.30

07.30-08.00

08.00-08.15




Tema       :   Lingkungan
Sub tema : Keluargaku
Umur        :2-3th

Kedatangan pendidik
Penataan lingkungan main
Penyambutan anak








Tersedianya fasilitas main
Semua anak mau berjabat tangan,namun masih banyak yang belum menjawab salam dari pendidik




08.15-08.45
Kegiatan Awal
-Senam



-Toilet training


-Duduk melingkar
-Berdoa sebelum belajar
-Salam

-Bercakap-cakap tentang tema Sekolahku
-Bernyanyi  Merpatiku dan  naikkereta api


-Membuat kesepakatan main


12 anak bersemangat senam,2 anak tidak ikut senam
Beberapa anak sudah melakukan BAK dengan benar
Hadir 14 anak
10 anak bisa menirukan bacaan doa dengan baik.4 anak masih asyik bermain
Semua anak mendengarkan yang disampaikan pendidik
Semua anak bernyanyi dan bertepuk.8 anak berkeliling berjalan seperti kereta api
Anak tahu aturan main




08.45-10.00
Kegiatan Inti
-Bercerita tentang sekolahku
-Mengenal identitas sekolah

-Mewarnai gambar

Kegiatan Akhir
-Beres-beres alat main


-Duduk melingkar
-Bernyanyi ilalikok

-Berdoa,salam, pulang

11 anak mendengarkan cerita pendidik
4 anak sudah bisa menyebutkan alamat dan nama sekolah
5 anak sudah bisa mewarnai sendiri



Tempat kegiatan menjadi rapi dan bers
Semua anak duduk melingkar
Semua anak menyanyi dan bertepuk






10.00-1030
Pengasuh beres-beres

Pengasuh menyelesaikan administrasi dan evaluasi

 pengasuh
Mempersiapkan kegiatan hari esok

Pengasuh pulang
Tempat kegiatan menjadi rapi kembali
Administrasi dan evaluasi menjadi tertib dan akan lebih mudah dilihat dan dilaksanakan
Pengasuh tidak tergesa-gesa dalam menata lingkungan main pada hari esok











 14.























































Kamis8 September 2016




07.30

07.30-08.00


08.00-08.15









08.15-08.45





















08.45-10.00
Tema       : Lingkungan
Sub tema : Sekolahku
Usia         :
2-3th

Kedatangan pendidik
Penataan lingkungan main
Penyambutan anak








Kegiatan Awal
-Senam


-Toilet training

-Duduk melingkar
-Berdoa sebelum belajar,salam
-Bercakap-cakap tentang tema
-Bernyanyi bangun tidur dan naik kereta api
-Membuat kesepakatan main

Kegiatan inti
-Cerita sederhana tentang benda yang ada didalam sekolah
-Menggunting segitiga dan segi empat
-Menempel segitiga dan segiempat membentuk rumah
Kegiatan akhir
-Beres-beres alat main
-Cuci tangan,berdoa
-Makan BMT

-Duduk melingkar,recolling

-Bernyanyi ilalikok
-Berdoa salam dan pulang









Tersedianya fasilitas main

Semua anak mau berjabat tangan beberapa masih dengan dorongan orang tua dan pendidik,beberapa masih ada yang belum mau menjawab salam dari pendidik

Semua pendidik dan anak-anak senam
Anak sabar antri ketoilet
Hadir 16 anak

Semua anak berdoa

Anak mendengarkan pendidik
12 anak ikut bernyanyi,2 anak asyik bermain

Anak tahu aturan main



Semua anak mendengarkan cerita pendidik



3 anak menggunting sndiri

3 orang bisa sendiri,lainnya dibantu



Tempat kegiatan menjadi rapi
Semua cuci tangan dan berdoa
Semua makan BMT
Anak mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan
















10.00-10.30
Pengasuh beres-beres
Pengasuh menyelesaikan administrasi dan evaluasi
Mempersiapkan kegiatan untuk esok
Pengasuh pulang
Tempat kegiatan menjadi rapi
Administrasi dan evaluasi menjadi lebih tertib

Pengasuh menata alat main untuk hari berikutnya




16.

Sabtu10 September 2016




07.30

07.30-08.00


08.00-08.15
Tema        : Lingkungan
Sub tema  : Sekolahku
Umur        :
2-3th

Kedatangan pendidik
Penataan lingkungan main
Penyambutan anak









Tersedianya fasilitas bermain

Semua anak mau berjabat tangan beberapa anak masih dengan dorongan orang tua dan masih ada yang belum mau menjawab salam dari pendidik














08.15-08.45
Kegiatan awal
-Senam



-Toilet training



-Duduk melingkar
-Berdoa sebelum belajar
-Salam


-Bercakap tentang tema sekolah
-Menyanyi bangun tidur,aku anak paud
-Membuat kesepakatan main

Terstimulasi motorik halus dan kasar,1 orang lum ikut senam
Beberapa anak sudah mengerti langkah BAK yang benar
Hadir 15 anak

Dari 15 anak,5 anak belum mau berdoa dengan sikap berdoa yang baik
Semua anak mendengarkan

2 anak tidak ikut bernyanyi


Anak paham aturan main





























08.45-10.00































10.00-10.30
Kegiatan inti
-Guru bercerita tentang benda yang ada dihalaman sekolah
-Membuat gedung sekolah dengan balok
-Menggambar bebas yang ada dihalaman sekolah
Kegiatan akhir
-Beres-beres alat main

-Cuci tangan

-Berdoa sebelum makan makan BMT
-Duduk melingkar,recolling

-Menyanyi ilalikok
-Berdoa,salam dan pulang


Pengasuh beres-beres

Pengasuh menyelesaikan administrasi dan evaluasi



Mempersiapkan kegiatan esok



Pengasuh pulang



5 anak asyik bermain
5 anak bisa membuat bentuk gedung sekolah

-2 anak tidak ikut menggambar



Tempat kegiatan menjadi rapi dan bersih
Semua anak cuci tangan
Semua anak berdoa dan makan

Anak mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan
2 anak tidak ikut menyanyi




Tempat kegiatan menjadi rapi dan bersih
Administrasi dan evaluasi menjadi lebih tertib danakan lebih mudah untuk dilihat dan dilaksanakan
Pengasuh tidak tergesa-gesa dalam menata lingkungan main pada esok harinya



17.












































Kamis15 september 2016




07.30

07.30-08.00


08.00-08.15





08.15-08.45






















08.45-10.00
















Tema       : Lingkungan
Sub tema : Kebunku
Umur        :      2-3th

Kedatangan pendidik
Penataan lingkungan main
Penyambutan anak




Kegiatan awal
-Senam



-Toilet training

-Duduk melingkar
-Berdoa sebelum belajar,salam
-Bercakap-cakap tentang tema kebunku
-Menyanyi lihat kebunku

-Membuat kesepakatan main


Kegiatan inti
-Anak anak keluar melihat kebun yang ada disekolah
-Melipat kertas membentuk bunga
-Memasang tangkai bunga menggunakan lidi

Kegitan akhir
-Beres-beres alat main

-Cuci tangan

-Berdoa sebelum makan,makan
BMT
-Duduk melingkar,recolling









Tersedianaya fasilitas bermain

Semua anak mau berjabat tangan,ada yang belum menjawab salam dari pendidik

Terstimulasi motorik kasar dan halus,1 anak tidak ikut senam
Kemandirian,sabar ketika antri
Hadir 12 anak

2 anak belum berdoa dengan sikap yang baik
Semua anak mendengarkan pendidik
Semua anak bernyanyi dan bertepuk
Anak paham aturan main




Semua anak antusias mengikutinya

2 anak bisa sendiri melipat

Semua anak dibantu




Tempat kegiatan menjadi rapi dan bersih
Semua anak cuci tangan
Smua anak berdoa dan makan BMT

Anak mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan












10.00-10.30
Pengasuh beres-beres
Tempat




09.35-09.50
Istirahat
makan bekal
Semua anak makan bekal
Sebelum dan sesudah makan anak-anak berdoa




09.50-10.00
Pijakan setelah main
·        Diskusi tentang pengalaman main
·        Pesan-pesan
·        Doa setelah belajar
·        Salam


Anak-anak menceritakan bahwa lipatannya susah dan minta mengulang kembali esok hari
Pesan peduli pada teman atau orang lain tersampaikan lewat cerita pendek
Anak berdoa setelah belajar dan menjawab salam




10.00-10.30
·         Beres-beres ruangan
·         Menyelesaikan administrasi dan rekap penilaian
Ruangan tertata rapi
Administrasi pembelajaran terlengkapi



4
4Sepetember 2016



07.30

07.30-08.00

08.00-08.15







Tema       : Lingkungan
Sub tema : Sekolahku
Umur       : 2-3th
Kedatangan pendidik
Penataan lingkungan main
Penyambutan anak














Tersedianya fasilitas bermain
Semua anak mau berjabat tangan dan menjawab salam,beberapa masih dengan dorongan pendidik dan orang tua




08.15-08.45
Kegiatan Awal
-senam


-Toilet training

-Duduk melingkar
-Berdoa sebelum belajar,salam
-Bercakap-cakap tentang tema
-Bernyanyi “Merpatiku”
-Membuat kesepakatan main



Semua pendidk dan anak-anak melakukan senam
Anak-anak sabar antri ke toilet
Hadir 14 anak
Dari 14 anak 3 anak lum mau berdoa
Anak-anak mendengarkan
Semua anak bertepuk dan bernyanyi
Anak mengetahui aturan main





08.45-10.00
Kegiatan Inti
-Bercerita tentang sekolahku
-Mengenal ldentitas sekolah

-Mewarnai gambar sekolah

Kegiatan Akhir
-Beres-beres alat main
-Duduk melingkar,recolling

-Berdoa salam,pulang

11 anak mendengarkan cerita pendidik
4 anak sudah bisa menyebutkan alamat dan nama sekolah
5 anak sudah bisa mewarnai sendiri


Tempat kegiatan menjadi rapi dan bersih
Anak mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan
2 anak tidak ikut berdoa






10.00-10.30
Pengasuh beres-beres
Pengasuh menyelesaikan administrasi dan evaluasi
Pengasuh mempersiapkan kegiatan hari esok
Pengasuh pulang
Tempat kegiatan menjadi rapi
Administrasi selesai



Pengasuh tidak tergesa-gesa dalam menata lingkungan main untuk hari esok



5
10September 2016






08.25-08.40
pijakan sebelum main:
·      Doa, salam, presensi
·      Bernyanyi sambil bertepuk tangan
·      Bersama anak membuat aturan main


Anak-anak mau berdoa dengan sikap doa yang baik
Saat presensi ada 1 anak yang tidak hadir karena demam
Anak-anak menyanyikan lagu “Seneng-senenge” dengan antusias
Aturan main terbentuk dan disepakati antar anak




08.40-09.25
Pijakan saat main:
·      Anak memilih permainan dan teman main
·      Anak mencoba setiap permainan
·      Pendidik mendampingi  dan memberi dukungan

Anak-anak antusian mencoba seluruh permainan
ada anak yang  tidak mau pindah permainan karena anak senang bermain di pompa air.
ada anak yang takut bermain egrang bathok  tapi dengan dukungan akhirnya anak mau mencoba




09.25-09.35
Recalling
·         Beres-beres alat main
·         Cuci tangan
·         Diskusi tentang perilaku yang muncul

Alat-alat telah dikembalikan ditempatnya
Anak-anak cuci tangan secara bergantian
Anak-anak bercerita bahwa permainan di luar ruangan menyenangkan




09.35-09.50
Istirahat
makan bersama
Semua anak berdoa dan makan PMT dengan menu Bubur kacang hijau dan pisang




09.50-10.00
Pijakan setelah main
·        Membahas perasaan anak –anak saat bermain hari ini
·        Pesan-pesan
·        Informasi kegiatan hari Senin
·        Doa dan salam


Anak- anak senang bermain
hari ini

Anak-anak pada hari senin akan bermain di sentra persiapan
Bersama dengan pendidik, anak berdoa setelah belajar dengan sikap yang baik




10.00-10.30
·         Beres-beres ruangan
·         Menyelesaikan administrasi dan evaluasi harian
Ruangan bersih dan rapi
Administrasi dan evaluasi tercatat dibuku



11.         
4 April 2016
Pelaksanaan KBM ke-5 di Sentra Persiapan





07.00-07.30
Penataan Lingkungan Main
Alat dan bahan untuk 4 kegiatan main sudah siap




07.30-08.00
Penyambutan Anak
Semua anak mau bersalaman dan mengucap salam




08.00-08.15
Main Gerakan Kasar
Senam Sehat Gembira
Anak-anak dan pendidik melakukan senam




08.15-08.25
Cuci tangan dan minum air putih
Anak-anak cuci tangan bergantian dan mnum air putih




08.25-08.40
pijakan sebelum main:
·      Doa, salam dan presensi
·      Bernyanyi dan bertepuk bersama
·      Diskusi tema hari ini tentang Waduk Sermo
·      Menjelaskan kegiatan main
·      Membuat aturan dan harapan main


Anak-anak berdoa sebelum belajar setelah itu menjawab salam
Jumlah yang hadir 8 anak
Anak bisa menyebutkan tema hari ini Waduk Sermo
Aturan main terbentuk dan disepakati antar anak




08.40-09.25
Pijakan saat main:
·      Anak memilih permainan dan teman main


Anak-anak menempati tempat main sesuai dengan pilihannya
Mereka bergantian menggunakan permainan




09.25-09.35
Recalling
·         Beres-beres
·         Diskusi tentang  hasil kegiatan main
·         Cuci tangan

Mainan tersusun ditempatnya
Anak-anak mencoba seluruh permainan dan menunjukkan hasil karyanya Anak-anak cuci tangan secara bergantian




09.35-09.50
Istirahat
makan bekal
Anak-anak berdoa sebelum makan dengan sikap doa, mereka makan dan setelah selesai berdoa setelah makan dengan sikap doa yang baik




09.50-10.00
Pijakan setelah main
·        Diskusi tentang perasaan anak
·        Menyampaikan pesan sabar melalui cerita pendek
·        Doa setelah belajar
·        Salam


Sebagian anak bisa melakukan seluruh kegiatan main sesuai aturan main
Anak berdoa dengan sikap doa yang baik




10.00-10.30
·         Beres-beres ruangan
·         Menyelesaikan administrasi dan evaluasi
Ruangan tertata rapi
Administrasi dan evaluasi telah selesai dibuat



12.         
5 April 2016
diskusi tentang hasil KBM selama 5 hari
5 hari KBM dalam rangka penerapan RKH Diklat Berjenjang Tingkat Dasar telah dilaksanakan dengan lancer



13.         
6 April 2016
Evaluasi kinerja pendidik/penulis oleh teman-teman pendidik di lembaga
Instrumen penilaian telah terisi dan ditanda tangani perwakilan pengelola



14.         
7 April 2016
Membuat revisi alat evaluasi untuk ke-5 KBM
Alat evaluasi untuk ke-5 KBM telah tersusun sejumlah 15
Evaluasi



15.         
8 April 2016
Menyusun Laporan
Mencari referensi yang relevan dengan isi dan pendahuluan
Laporan tersusun sampai BAB II
 Pelaksanaan



16.         
11 April 2016
Melanjutkan menyusun Laporan tugas mandiri
Laporan tersusun sampai BAB V
Penutup



17.         
12 April 2016
Menyusun Lampiran program-program layanan dan foto-foto pendukung
Lampiran program layanan dan foto-foto pendukung telah tersusun



18.         
13 April 2016
Mengkoreksi ulang susunan laporan tugas mandiri di dalam file
Laporan Tugas Mandiri sudah sesuai urutannya



19.         
14 April 2016
Mencetak laporan tugas mandiri dan foto-foto pendukung
Seluruh laporan diklat telah tercetak



20.         
15 April 2016
Menemui Ketua Pengelola untuk minta tanda tangan pengesahan
Laporan Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar  sudah ditanda tangani Ketua Pengelola



21.         
16 April 2016
menjilid dan menggandakan Laporan tugas mandiri
Laporan tugas mandiri sudah digandakan dan dijilid



22.         
18 April 2016
Ke kantor pos untuk mengirim laporan tugas mandiri
Laporan tugas mandiri terkirim melalui Kantor Pos Wates







BAB IV
PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN
   1.    Permasalahan
Berkut beberapa permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan tugas mandiri, antara lain:
a.    Keterbatasan buku-buku yang dimiliki penyusun sebagai referensi yang menunjang penyusunan laporan
b.    Penyusun masih mengalami keterbatasan pengetahuan dalam menyusun evaluasi pembelajaran

   2.    Pemecahan
a.    Meminjam buku-buku referensi di perpustakaan daerah dan teman pendidik, sehingga data dan informasi yang dibutuhkan dapat terkumpul.
b.    Berdiskusi denganteman-teman pendidik yang lebih senior juga konsultasi ke teman bagian Litbang HIMPAUDI Kecamatan Pengasih




BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.     Kesimpulan
1.    Kegiatan pelaksanaan tugas mandiri ini sangat bermanfaat peserta Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik PAUD dalam pendalaman pengetahuan tentang pengasuhan dan pembuatan kelengkapan administrasi pembelajaran.
2.    Dengan adanya tugas mandiri ini, peserta diklat menjadi lebih tertib dan bertanggung jawab dalam ketertiban pendokumentasian kegiatan
3.    Dengan kegiatan penyusunan laporan tugas mandiri ini, peserta diklat menjadi tahu cara penyusunan laporan dan meningkatkan kemampuan menulisnya.

B.     Saran
1.    Setiap pendidik PAUD tidak boleh berhenti belajar untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan kepribadian diri.
2.       Dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak di lingkungan lembaga PAUD, agar pelayanan pendidikan anak usia dini dapat berjalan maksimal dan berkualitas






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pisang goreng vanili harum dan krispi

Pisang goreng vanili yang harum dan krispi siapa yang tidak suka dengan olahan pisang? sepertinya semuanya bakal suka resep pisang goreng...