LAPORAN
PEMBELAJARAN LUAR KELAS
STUDI EKONOMI
Disusun Oleh :
Isnanda Nur
Ramadaningrum (11)
X IPS 2
Tahun Ajaran 2018/2019
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kepada
Allah SWT,yang telah melimpahkan segala rahmat,taufik dan hidayah-Nya sehinga
dapat menyelesaikan laporan ini.
Laporan
ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran ekonomi mengenai kegitan
pembelajaran luar kelas (PLK) SMA N 1 Sentolo tahun 2019 dengan tujuan yaitu
Pantai Baron,Gunung Kidul.
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A Latar Belakang
Pembelajaran yang dilakukan di
sekolah tidak hanya berupa kegiatan di dalam kelas,tapiproses belajar juga
dapat dilakukan di luar kelas,salah satunya yaitu dengan proses belajar yang
nyata.Bentuk proses nyata yang dapat dilakukan siswa adalah kegiatan yang turut
membawa siswa untuk melakukan suvei secara lagsung dengan objek pembelajaran
kegiatan edukatif tersebut dapat menjadi pengalamna siswa dalam pendalaman dan
dapat memperluas wawasan yang berorientasu pada pembelajaran,serta menambah
wawasan siswa.Misalnya,pada Pantai Baron siswa dapat mengetahui tentang unsur -
unsur manajemen dan bidang - bidang manajemen yang terdapat disekitar
pantai.Dengan demikian siswa dapat menjadi semakin sadar akan pentingnya ilmu
pengetahuan,sehingga terdorong untuk lebih giat lagi belajar dan senantiasa
melakukan tindakan untuk mempelajarinya.
B Tujuan Penelitian
·
Untuk
mengetahui unsur - unsur manajemen dan bidang - bidang manajemen.
·
Untuk
mengambil data dan dokumen pada obyek yang diteliti untuk dijadikan laporan.
·
Untuk
menambah wawasan siswa
C Rumusan Masalah
1. Apa unsur-unsur manajemen yang
terdapat di sekitar pantai ?
2. Apa bidang-bidang manajemen yang ada
di sekitar pantai ?
3. Apa saja jenis produk yang terdapat
di sekitar pantai ?
4. Bagaimana cara memasarkan produk
yang mereka produksi ?
5. Hambatan apa saja yang dilalui dalam
prses pemasaran produk?
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A Pengertian Manajemen
Secara
etimologi,istilah manajemen berasal dari bahasa latin,yaitumanus dan agere.manus
berarti tangan,sedangkan agere berarti
melakukan. Apabila kedua istilah itu digabung akan didapatkan arti
menangani.Pengertian manajemen menurut para ahli adalah sebagai berikut :
a.James
AF Stoner
“Manajemen merupakan proses
perencanaan,pengorganisasian pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tutjuan
oraganisasi yang telah ditetapkan”
b.Mary
Parker Follet
“Manajemen merupakan seni dalam
menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain”
c.Luther
Gulick
“Manajemen adalah suatu bidang ilmu
pengetahuan yang berusaha secara sistematis memahami mengapa dan bagaimana
manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerja sama ini
lebih bermanfaat bagi kemanusiaan”
B Unsur Manajemen
Ø Tenaga Kerja (man)
Tenaga kerja
adalah tenaga kerja manusia baik tenaga kerja eksekutif maupun operatif
.
Ø Dana (Money)
Dana merupakan
uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Ø Metode (Methods)
Metode
merupakan cara-cara yang dipergunaka dalam usaha mencapai tujuan.
Ø Material (Materials)
Material adalah
bahan-bahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
Ø Mesin (Machines)
Mesin adalah
mesi-mesin atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
Ø Pasar (Markets)
Pasar untuk
menjual hasil produksi.
C Bidang-bidang Manajemen
1.Manajemen
Produksi
Manajemen produksi adalah kegiatan
yang terencana dan terarah untuk mengubah input
menjadi output,dan melakuka
peniaian terhadap output.Dalam
manajemen produksi terdiri atas dua kegiatan,yaitu perencanaan dan pengendalian output.
a. Perencanaan dalam sistem manajemen
produksi
·
Produk
yang akan diproduksi.
·
Letak
pabrik danlayout-nya.
·
Proses
prooduksi.
·
Program
produksi.
·
Tenaga
Kerja.
b. Pengendalian Sistem Produksi
Pengendalain dalam proses produksi
berhubungan erat dengan masalah mutu dan persediaan hasil produksi.
2.Manajemen
Pemasaran
Dalam memasarkan produknya sebuah
perusahaan harus memperhatikan empat unsur,yaitu product,price,promotion,dan place.Keempat unsur tersebut dinamakan marketing mix atau bauran pemasaran.
a.
Product
Product merupakan benda yang dapat
ditawarkan di pasar yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.produk
mempunyai dua kebijakan,yaitu atribut prduk dan daur hidup produk.
b. Price
Price atau harga memegang peranan
yang penting dalam pemasaran.Mutu yang kurang baik dengan harga yang tinggi
akan menyebabkan konsumen enggan untuk membelinya.oleh karena itu,dalam menetapkan
harga harus disesuaikan dengan daya beli konsumen.
c.
Promotion
Keberhasilan produk di pasar tidak
lepas dari peran media promosi.Media promosi akan membantu perusahaan
memperkenalkan produknya kepada para konsumen.
d. Place
Konsumen akan memilih menggunakan
produk yang pendistribusiannya lancar karena mudah didapatkan.
3.
Manajemen keuangan
Manajemen keuangan merupakan bidang
manajemen yang membahas tentang sumber dana,pengolahan dana,dan pelaporan
penggunaan dana.Manajemen keuangan mempunyai tiga komponen,yaitu sumber
dana,penggunaan dana,dan pelaporan penggunaan dana.
a.
Sumber Dana
Sumber dana perusahaan dibedakan
menjadi dua,yaitu berasal dari perusahaan dan berasal dari luar
perusahaan.Sumber dana dari perusahaan adalah berupa laba yang ditahan ataupun
deviden yang ditahan.Sumber dana yang berasal dari luar perusahaan,misalnya
berasal dari pinjaman bank.
b.Penggunaan
Dana
Penggunaan
dan dalam perusahaan dibagi menjadi dua,yaitu:
1)
Penanaman mdal jangka pendek
Penanaman modal jangka pendek dapat
dilakukan dalam beberapa jenis usaha,seperti tabungan,pembelian surat
berharga,dan penanaman modal lainnya.
2)
Penanaman modal jangka panjang
Penanaman modal jangka panjang dapat
diwujudkan dalam bentuk pembangunan gedung bertingkat dan pembelian tanah
sebagai tempat usaha.
4.
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya manusia adalah
penarikan seleksi ,pengembangan,pemeliharaan,dan penggunaan sumber daya manusia
untuk mencapai tujuan-tujuan individu maupun organisasi.Manajemen sumber daya
manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam
organisasi.Tujuannya untuk menciptakan satuan kerja yang efektif pada suatu
organisasi.Untuk mencapait tujuan ini,manajemen Sumber daya manusia harus
melaksanakan empat kegiatan berikut ini:
·
Persiapan
dan pengadaan.
·
Pengenmbangan
dan penilaian.
·
Pengompensasian
dan perlindungan karyawan.
·
Hubungan-hubungan
kepegawaian.
Kegiatan persiapan dan pengadaan
dalam manajemen sumber daya manusia berisi tentang syarat pekerjaan,deskripsi pekerjaan,dan
standar kinerja.Kegiatan dan pengembangan dilakuakan dengan pemberian
latihan-latihan.Kegiatan pengompensasian dan perlindungan dilakukan dengan
memberikan upah,memberikan jamsostek,dan memberkan promosi bagi karyawan yang
berprestasi.
( Diambil dari buku cetak ekonomi
kelas X )
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian
Dalam
penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif
analitis.Tujuan dari metode penelitian deskriptif analitis ini adalah untuk mendapatkan
data yang mendalam mengenai unsur-unsur dan bidang-bidang manajemen dalam
masyarakat.
Pada
penelitiaan ini akan terfokus pada jenis produksi apa yang terdapat di
masyarakat,faktor-faktor produksi,bagaimana cara mereka memasarakn hasil
produksinya kepada pembeli,serta hambatan yang ditemukan ketika melakukan
proses pemasaran produk tersebut.
B. Waktu Dan Tempat Penelitian
Penelitian
ini dilaksanakan pada tanggal 23 februari 2019 di Pantai Baron,Gunung
Kidul,Yogyakarta.
C. Tahap Pelaksanaan
1) Tahap Persiapan
Pada
tahap ini kami mempersiapkan segala sesuatu,seperti pembagian
tugas,mengidentifikasi dan merumuskan masalah, membuat
daftar pertanyaan, dan
segala alat pendukung yang digunakan,seperti kamera,alat tulis / LKS
2) Tahap Pelaksanaan
Tahap
selanjutnya kami akan melakukan teknik
Pengumpulan
data dan pengolahan data.Tahapan pengumpulan data yang akan dilakukan adalah
sebagai berikut :
1)
Mewawancarai
para narasumber/penjual
2)
Melakukan
observasi
3)
Mendokumentasikan
proses wawancara
4)
Mencatat
data yang dikatakan narasumber dalam LKS
Pada saat data yang dibutuhkan sudah
didapatkan secara lengkap,maka kita tinggal menyusunnya dengan baik dan menarik
kesimpulan dari data yang diperoleh.
3).
Tahap Penyusunan Laporan
Tahap terakhir adalah menyusun laporan hasil penelitian yang
telah dilakukan.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Jenis Produk
|
Faktor Produksi
|
Pemasaran
|
Hambatan
(Produk/Hambatan)
|
Sandal
|
Karet,Mesin Sablon
|
Tersebar
atau cabangdiberbagai tempat wisata
|
Lancar
dalam penjualan
|
Makanan
|
Wader laut,
Udang,Undur-undur,danCumi-cumi
Crispy
|
Langsung dikelola sendiri
|
Sepi Pengunjung
|
Kacamata
|
Plastik,mika,kaca
|
Langsung dikelola sendiri
|
Sepipengunjung dan pendapatannya
|
Kerajinan
|
Kerang-kerangan,
Manik-manik
|
Menetap,tersebar atau bercabang
|
Sepi pengunjung
|
Penyewaan
|
Jasa,Tikarmilik sendiri
|
Hari sabtu dan minggu
|
Saat hari libur rame tapi saat
hari biasa sepi
|
Ikan
|
IkanBawal,Ikan
Kakap,Cumi-cumi,Kepiting,dll
|
Dijual langsung
|
Pengunjung sepi,
Pasang surut,saat hujan lalu
banjir jadi sepi
|
Nelayan
|
Jasa
|
Disemua musim,
Penghasilan tidak tetap
|
Ombak besar disertai angin
besar,Cuaca buruk
|
BAB V
KESIMPULAN
Dari
hasil penellitian diatas maka dapat diambil kesimpulan,bahwa setiap produksi
terdapat unsur-unsur manajemen,dan bidang-bidang manjemen.
Dari
hasil penelitian diatas jenis produk yang dijual di sekitar pantai semuanya
hampir sama antara satu penjual dan penjual lainya.
Pemasaran yang
dilakukan rata rata adalah diproduksi dan dijual sendiri tapi juga ada yang
sudah bercabang diberbagai tempat wisata lainnya.
Hambatan yang
ada saat melakukan pemasaran juga hampir sama,yaitu sepi pengunjung,susah saat
menjualnya,saat pasang surut,cuaca buruk dan tergantung dengan hari libur atau
hari biasa.
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar