Minggu, 21 Juli 2019

LAPORAN PLK (PEMBELAJARAN LUAR KELAS) SEKOLAH


LAPORAN
PEMBELAJARAN LUAR KELAS
STUDI EKONOMI


Disusun Oleh :
Isnanda Nur Ramadaningrum (11)
X IPS 2

SMA NEGERI 1 SENTOLO
Tahun Ajaran 2018/2019




Kata Pengantar
            Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT,yang telah melimpahkan segala rahmat,taufik dan hidayah-Nya sehinga dapat menyelesaikan laporan ini.
            Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran ekonomi mengenai kegitan pembelajaran luar kelas (PLK) SMA N 1 Sentolo tahun 2019 dengan tujuan yaitu Pantai Baron,Gunung Kidul.

Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN
A     Latar Belakang
Pembelajaran yang dilakukan di sekolah tidak hanya berupa kegiatan di dalam kelas,tapiproses belajar juga dapat dilakukan di luar kelas,salah satunya yaitu dengan proses belajar yang nyata.Bentuk proses nyata yang dapat dilakukan siswa adalah kegiatan yang turut membawa siswa untuk melakukan suvei secara lagsung dengan objek pembelajaran kegiatan edukatif tersebut dapat menjadi pengalamna siswa dalam pendalaman dan dapat memperluas wawasan yang berorientasu pada pembelajaran,serta menambah wawasan siswa.Misalnya,pada Pantai Baron siswa dapat mengetahui tentang unsur - unsur manajemen dan bidang - bidang manajemen yang terdapat disekitar pantai.Dengan demikian siswa dapat menjadi semakin sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan,sehingga terdorong untuk lebih giat lagi belajar dan senantiasa melakukan tindakan untuk mempelajarinya.
B     Tujuan Penelitian
·         Untuk mengetahui unsur - unsur manajemen dan bidang - bidang manajemen.
·         Untuk mengambil data dan dokumen pada obyek yang diteliti untuk dijadikan laporan.
·         Untuk menambah wawasan siswa
C    Rumusan Masalah
1.    Apa unsur-unsur manajemen yang terdapat di sekitar pantai ?
2.    Apa bidang-bidang manajemen yang ada di sekitar pantai ?
3.    Apa saja jenis produk yang terdapat di sekitar pantai ?
4.    Bagaimana cara memasarkan produk yang mereka produksi ?
5.    Hambatan apa saja yang dilalui dalam prses pemasaran produk?



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A     Pengertian Manajemen
Secara etimologi,istilah manajemen berasal dari bahasa latin,yaitumanus dan agere.manus berarti tangan,sedangkan agere berarti melakukan. Apabila kedua istilah itu digabung akan didapatkan arti menangani.Pengertian manajemen menurut para ahli adalah sebagai berikut :
a.James AF Stoner
“Manajemen merupakan proses perencanaan,pengorganisasian pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tutjuan oraganisasi yang telah ditetapkan”
b.Mary Parker Follet
“Manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain”
c.Luther Gulick
“Manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerja sama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan”
B     Unsur Manajemen
Ø  Tenaga Kerja (man)
Tenaga kerja adalah tenaga kerja manusia baik tenaga kerja eksekutif maupun operatif
.
Ø  Dana (Money)
Dana merupakan uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Ø  Metode (Methods)
Metode merupakan cara-cara yang dipergunaka dalam usaha mencapai tujuan.
Ø  Material (Materials)
Material adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
Ø  Mesin (Machines)
Mesin adalah mesi-mesin atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
Ø  Pasar (Markets)
Pasar untuk menjual hasil produksi.

C    Bidang-bidang Manajemen
1.Manajemen Produksi
            Manajemen produksi adalah kegiatan yang terencana dan terarah untuk mengubah input menjadi output,dan melakuka peniaian terhadap output.Dalam manajemen produksi terdiri atas dua kegiatan,yaitu perencanaan dan pengendalian output.
a. Perencanaan dalam sistem manajemen produksi
·         Produk yang akan diproduksi.
·         Letak pabrik danlayout-nya.
·         Proses prooduksi.
·         Program produksi.
·         Tenaga Kerja.
b. Pengendalian Sistem Produksi
Pengendalain dalam proses produksi berhubungan erat dengan masalah mutu dan persediaan hasil produksi.
            2.Manajemen Pemasaran
Dalam memasarkan produknya sebuah perusahaan harus memperhatikan empat unsur,yaitu product,price,promotion,dan  place.Keempat unsur tersebut dinamakan marketing mix atau bauran pemasaran.
            a. Product
Product merupakan benda yang dapat ditawarkan di pasar yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.produk mempunyai dua kebijakan,yaitu atribut prduk dan daur hidup produk.
            b.  Price
Price atau harga memegang peranan yang penting dalam pemasaran.Mutu yang kurang baik dengan harga yang tinggi akan menyebabkan konsumen enggan untuk membelinya.oleh karena itu,dalam menetapkan harga harus disesuaikan dengan daya beli konsumen.
            c. Promotion
Keberhasilan produk di pasar tidak lepas dari peran media promosi.Media promosi akan membantu perusahaan memperkenalkan produknya kepada para konsumen.
d. Place
Konsumen akan memilih menggunakan produk yang pendistribusiannya lancar karena mudah didapatkan.
            3. Manajemen keuangan
Manajemen keuangan merupakan bidang manajemen yang membahas tentang sumber dana,pengolahan dana,dan pelaporan penggunaan dana.Manajemen keuangan mempunyai tiga komponen,yaitu sumber dana,penggunaan dana,dan pelaporan penggunaan dana.
            a. Sumber Dana
Sumber dana perusahaan dibedakan menjadi dua,yaitu berasal dari          perusahaan dan berasal dari luar perusahaan.Sumber dana dari perusahaan adalah berupa laba yang ditahan ataupun deviden yang ditahan.Sumber dana yang berasal dari luar perusahaan,misalnya berasal dari pinjaman bank.
            b.Penggunaan Dana
            Penggunaan dan dalam perusahaan dibagi menjadi dua,yaitu:
            1) Penanaman mdal jangka pendek
Penanaman modal jangka pendek dapat dilakukan dalam beberapa jenis usaha,seperti tabungan,pembelian surat berharga,dan penanaman modal lainnya.
            2) Penanaman modal jangka panjang
Penanaman modal jangka panjang dapat diwujudkan dalam bentuk pembangunan gedung bertingkat dan pembelian tanah sebagai tempat usaha.
            4. Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya manusia adalah penarikan seleksi ,pengembangan,pemeliharaan,dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan-tujuan individu maupun organisasi.Manajemen sumber daya manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi.Tujuannya untuk menciptakan satuan kerja yang efektif pada suatu organisasi.Untuk mencapait tujuan ini,manajemen Sumber daya manusia harus melaksanakan empat kegiatan berikut ini:
·         Persiapan dan pengadaan.
·         Pengenmbangan dan penilaian.
·         Pengompensasian dan perlindungan karyawan.
·         Hubungan-hubungan kepegawaian.
Kegiatan persiapan dan pengadaan dalam manajemen sumber daya manusia berisi tentang syarat pekerjaan,deskripsi pekerjaan,dan standar kinerja.Kegiatan dan pengembangan dilakuakan dengan pemberian latihan-latihan.Kegiatan pengompensasian dan perlindungan dilakukan dengan memberikan upah,memberikan jamsostek,dan memberkan promosi bagi karyawan yang berprestasi.
( Diambil dari buku cetak ekonomi kelas X )


BAB III
METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian
            Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif analitis.Tujuan dari metode penelitian deskriptif analitis ini adalah untuk mendapatkan data yang mendalam mengenai unsur-unsur dan bidang-bidang manajemen dalam masyarakat.
Pada penelitiaan ini akan terfokus pada jenis produksi apa yang terdapat di masyarakat,faktor-faktor produksi,bagaimana cara mereka memasarakn hasil produksinya kepada pembeli,serta hambatan yang ditemukan ketika melakukan proses pemasaran produk tersebut.
B. Waktu Dan Tempat Penelitian
            Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 februari 2019 di Pantai Baron,Gunung Kidul,Yogyakarta.
C. Tahap Pelaksanaan
      1)      Tahap Persiapan
Pada tahap ini kami mempersiapkan segala sesuatu,seperti pembagian tugas,mengidentifikasi dan merumuskan masalah, membuat daftar pertanyaan, dan segala alat pendukung yang digunakan,seperti kamera,alat tulis / LKS
      2)      Tahap Pelaksanaan
Tahap selanjutnya kami akan melakukan teknik
Pengumpulan data dan pengolahan data.Tahapan pengumpulan data yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :
               1)      Mewawancarai para narasumber/penjual
               2)      Melakukan observasi
               3)      Mendokumentasikan proses wawancara
               4)      Mencatat data yang dikatakan narasumber dalam LKS
Pada saat data yang dibutuhkan sudah didapatkan secara lengkap,maka kita tinggal menyusunnya dengan baik dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh.
3). Tahap Penyusunan Laporan
Tahap terakhir adalah menyusun laporan hasil penelitian yang telah dilakukan.
           

BAB IV
HASIL PENELITIAN

Jenis Produk
Faktor Produksi
Pemasaran
Hambatan
(Produk/Hambatan)
Sandal
Karet,Mesin Sablon
Tersebar atau cabangdiberbagai tempat wisata
Lancar dalam penjualan
Makanan
Wader laut,
Udang,Undur-undur,danCumi-cumi Crispy
Langsung dikelola sendiri
Sepi Pengunjung
Kacamata
Plastik,mika,kaca
Langsung dikelola sendiri
Sepipengunjung dan pendapatannya
Kerajinan
Kerang-kerangan,
Manik-manik
Menetap,tersebar atau bercabang
Sepi pengunjung
Penyewaan
Jasa,Tikarmilik sendiri
Hari sabtu dan minggu
Saat hari libur rame tapi saat hari biasa sepi
Ikan
IkanBawal,Ikan Kakap,Cumi-cumi,Kepiting,dll
Dijual langsung
Pengunjung sepi,
Pasang surut,saat hujan lalu banjir jadi sepi
Nelayan
Jasa
Disemua musim,
Penghasilan tidak tetap
Ombak besar disertai angin besar,Cuaca buruk




BAB V
KESIMPULAN
Dari hasil penellitian diatas maka dapat diambil kesimpulan,bahwa setiap produksi terdapat unsur-unsur manajemen,dan bidang-bidang manjemen.
Dari hasil penelitian diatas jenis produk yang dijual di sekitar pantai semuanya hampir sama antara satu penjual dan penjual lainya.
Pemasaran yang dilakukan rata rata adalah diproduksi dan dijual sendiri tapi juga ada yang sudah bercabang diberbagai tempat wisata lainnya.
Hambatan yang ada saat melakukan pemasaran juga hampir sama,yaitu sepi pengunjung,susah saat menjualnya,saat pasang surut,cuaca buruk dan tergantung dengan hari libur atau hari biasa.

LAMPIRAN
 







 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pisang goreng vanili harum dan krispi

Pisang goreng vanili yang harum dan krispi siapa yang tidak suka dengan olahan pisang? sepertinya semuanya bakal suka resep pisang goreng...